Sabtu, 16 Oktober 2010

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

manusia dan kebudayaan sangatlah berhubungan dekat karna apa yang manusia lakukan sehari-hari adalah kebudayaan. Hanya tindakan yang sifatnya naluriah saja yang bukan merupakan kebudayaan, tetapi tindakan demikian prosentasenya sangat kecil. Tindakan yang berupa kebudayaan tersebut dibiasakan dengan cara belajar. Terdapat beberapa proses belajar kebudayaan yaitu proses internalisasi, sosialisasi dan enkulturasi.
Terkadang budaya menjadikan manusia yang ortodoks dan tidak mau mengenal dunia luar disekitarnya. tapi budaya pun mempengaruhi terhadap pembantukan pribadi seseorang.
budaya di negara kita sendiri sangatlah beragam yang harusnya membuat kita kaya akan nilai budaya. tapi sampai pada saat ini manusia sudah mulai melupakan budaya nenek moyangnya karna tergusur oleh moderenisasi.
menyedihkan memang, tapi itu lah dampak kemajuan zaman. kalau kita menolak kita akan tertinggal. tapi kalu kita mengikuti kita bisa terseret lebih jauh kedalamnya.
karna itu, sebagai generasi penerus bangsa,seharusnya kita lebih bisa mendewasakan diri terhadap hal-hal yang bisa kiranya merusak nilai budaya tersebut.

Tidak ada komentar: